Contoh Pidato - Cara membuat Pidato

Untuk anda semua yang memang sedang mendapatkan tugas sekolah, atau anda yang memiliki kedudukan dan anda yang akan berpidato didepan umum, tetapi anda masih belum bisa melakukannya, maka kami akan memberikan tips cara berpidato dan juga cara membuat pidato sekalian kami berikan contoh Pidato yang benar.

kami berharap bisa membantu anda semua untuk bisa berpidato didepan umum dengan benar dan kharisma anda akan lebih baik kalau anda memiliki kedudukan dalam suatu organisasi atau lembaga, dan anda bisa menyelesaikan tugas sekolah anda, langsung saja di bawah ini merupakan berbagai cara berpidato dan mempersiapkan pidato yang benar.

langsung saja kami akan memberikan cara berpidato yang benar untuk anda semua :

1. Menentukan Tujuan Pidato

Tujuan dalam berpidato harulah jelas, untuk apa kamu berpidato, apakah memberitahu, menghibur atau membujuk. Selain itu juga harus merumuskan dengan jelas tujuan khususnya, yaitu tanggapan apa yang diharapkan setelah pidato itu selesai.

2. Memilih dan menyampaikan pokok persoalan

Terkadang pokok persoalan sudah ditentukan oleh panitia sebelumnya, terkadang pun sang pembicara juga diberikan kebebasan untuk memilih pokok persoalan dalam berpidato. Tapi walaupun persoalan itu sudah ditentukan atau belum, pembicara wajib menyempitkan pokok persoalan ini, untuk disesuikan dengan kesanggupannya atau kemampuannya, minatnya dan waktu yang disediakan untuk berpidato.

3. Menganalisis pendengar dan suasana

Pembicara harus berusaha mengetahui siapa yang akan menjadi pendengarnya. Jumlah mereka banyak atau sedikit, mereka umumnya tergolong terpelajar atau tidak, bagaimana suasana dalam pidato nanti, apakah hadirin duduk atau berdiri, pagi atau siang, di salam ruangan atau di tanah lapang, dan sebagainya. Semua itu harus diperhitungkan agar pidatonya bisa berhasil

4. Mengumpulkan bahan

Pembicara dapat mengumpulkan bahan yang sesuai dengan pokok masalah yang akan disampaikan melalui banyak cara, diantaranya adalah :
a. Membaca buku, majalah, Koran dan sumber sumber pengetahuan lain yang sesuai dengan pokok masalah yang akan di sampaikan.
b. Berusaha menambah wawasan atau bertanya kepada orang yang lebih tahu
c. Mengingat kembali pengamalaman pribadi yang relevan

5. membuat kerangka

Berdasarkan bahan bahan yang berhasil dikumpulkan itu lalu disusun pokok-pokok yang akan dibicarakan menurut urutan yang baik. Di bawah pokok-pokok utama tadi diadakan perincian lebih jauh, dengan itu pengertian bahwa bagian-bagian yang terperinci itu harus memperjelas pokok-pokok utama tadi.

6. Menguraikan secara mendetail

Setelah kerangka selesai disusun, maka pembicara bebas memilih, yaitu berbicara bebas dengan sekali-kali melihat kerangka (metode ekstemporan), atau menggarap pidato secara lengkap kata demi kata, kemudian dibacakan atau dihafalkan (metode naskah atau metode menghafal). Jadi, cara menguraikan kerangka pidato itu tergantung pada metode apa yang dipilih.

7. Melatih dengan suara nyaring

Setelah semua persiapan selesai, pembicara sudah bisa mulai latihan berpidato dengan suara keras seperti yang akan dilakukan dalam pidato yang sesungguhnya.

dan berbagai contoh pidato di bawah ini :

Contoh Pidato Upacara Bendera Disini!!

Contoh Pidato Anti Narkoba Disini!!

Contoh Pidato Hari Pendidikan Disini!!

nantikan edisi kami selanjutnya sebab kami akan memberikan berita dan informasi terbaru lainnya untuk anda semua, dan kami akan selalu berharap kalau berita dan informasi dari kami bermanfaat untuk anda semua, seperti Contoh Pidato dari kami ini, kalau anda masih ada waktu kami juga akana memberikan berita dan informasi yang lainnya untuk anda semua seperti Contoh Karya Tulis.

0 comments: